TEKS BIOGRAFI

 A. Pengertian Teks Biografi

Teks Biografi adalah suatu tulisan yang mengulas mengenai kehidupan seseorang atau cerita hidup seseorang selama ia masih hidup. Biografi singkat hanya mengulas mengenai kenyataan-kenyataan yang terjadi didalam kehidupan seseorang dan fungsi pentingnya kepada lingkungan.

Biografi panjang melingkupi sebuah informasi yang memiliki sifat penting, namun diceritakan dengan lebih jelas dan lengkap dan juga diserat dengan gaya cerita yang baik dan juga menarik. Biografi ialah suatu buku yang menjelaskan peristiwa-peristiwa yang sedang atau telah dialami oleh seseorang.

Teks Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Di dalam biografi, disajikan sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses orang yang sedang diulas. Menurut pendapat dari KBBI, biografi merupakan riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Riwayat hidup yang ditulis oleh diri sendiri disebut dengan otobiografi.

 

B. Ciri-Ciri Teks Biografi

Di bawah ini terdapat beberapa ciri-ciri teks biografi, antara lain:

1.  Biografi mempunyai struktur baku dalam pembuatannya, meliputi orientasi, reorientasi, dan peristiwa.

2.  Isi biografi dibuat berdasarkan fakta (faktual) sesuai dengan kisah hidup tokoh yang diceritakan.

3.  Gaya penulisan biografi dibuat dalam bentuk narasi sehingga lebih menarik untuk dibaca.

4.  Terdapat kisah yang menarik dan menginspirasi dalam kehidupan tokoh biografi sehingga bisa mempengaruhi pembaca.

5.  Biografi juga berisi kondisi-kondisi yang bisa memotivasi seseorang sehingga mencontoh atau meneladani kehidupan tokoh dalam biografi tersebut.

 

C. Unsur Kaidah Kebahasan Teks Biografi

Di bawah ini terdapat beberapa kaidah kebahasaan teks biografi, antara lain:

1. Kata Hubung

Kata hubung ialah kata yang memiliki fungsi sebagai penghubung antar satu kata dengan kata-kata lainnya dalam suatu kata atau kalimat dan juga kata hubung antara satu kalimat dengan kalimat-kalimat lainnya.  Misalkan contohnya seperti: maka dari itu, namun, walaupun seperti itu, tidak hanya itu.

2. Rujukan Kata

Rujukan kata ialah kata yang menyatakan kepada kata lain yang telah dikatakan sebelumnya. Kata rujukan ini dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya ialah:

a.  Kata rujuk tempat. Misal contoh: Disini, disana, disitu.

b.  Kata rujuk orang. Misal contoh: Dia, ia, beliau, mereka dan -nya.

c.  Kata rujuk benda atau persoalan. Misal contoh: Ini, tersebut, dan itu.

3. Kejadian, Waktu dan Tempat

Didalam teks biografi, ada kata-kata yang memiliki fungsi untuk memperlihatkan kejadian, waktu dan tempat yang telah atau sedang dialami oleh seorang tokoh.

4. Kata Kerja

Verba atau biasa disebut dengan sebutan kata kerja ialah sebuah kelompok kata yang mengulas sesuatu persoalan yang dikerjakan oleh seorang tokoh. Kata kerja ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu diantaranya berlandaskan bentuk dan berlandaskan dengan jenis.

a.  Kata Kerja Berlandaskan Bentuk

Kata kerja dasar ialah kata kerja yang masih dalam wujud aslinya, yang mana arti dari kata kerja ini belum mendapati derivasi baik awalan, akhiran atau pun sisipan. Misal contoh: adil, ajak, dan ambil

b.  Kata Kerja Berlandaskan Berimbuhan

Kata kerja berimbuhan ialah kata kerja yang telah mendapati penambahan, baik berwujud awalan, akhiran atau pun sisipan.

 

D. Jenis Teks Biografi

Di bawah ini terdapat beberapa jenis teks biografi, antara lain:

1. Berdasarkan Izin Penulisan

Berdasarkan izin penulisannya, terdapat beberapa jenis, antara lain:

a.  Authorized Biography, merupakan suatu biografi yang penulisannya telah mendapatkan izin atau sepengetahuan dari tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya.

b.  Unauthorized Biography, merupakan suatu biografi yang penulisannya tidak atas izin dan sepengetahuan tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya. Umumnya penulisan unauthorized biography dilakukan karena tokoh yang akan diceritakan telah wafat.

Berdasarkan Sisi Penulis

a.  Autobiografi, Suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut.

b.  Biografi, Suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, entah itu berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh orang lain.

2. Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, terdapat beberapa jenis, antara lain:

a.  Biografi Perjalanan Hidup, merupakan biografi yang isinya tentang perjalanan hidup seorang tokoh secara lengkap atau mengambil beberapa bagian dari perjalanan hidup yang dianggap berkesan.

b.  Biografi Perjalanan Karir, merupakan biografi yang isinya tentang perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini. Atau dapat juga menceritakan perjalanan karir seorang tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu.

3. Berdasarkan Masalah yang Dibahas

Berdasarkan masalah yang dibahas, terdapat beberapa jenis, antara lain:

a.  Biografi Politik, merupakan biografi yang isinya tentang kisah hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. Meskipun melalui riset, pada umumnya biografi politik mengandung sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang diceritakan.

b.  Biografi Intelektual, merupakan biografi yang isinya menjelaskan kisah hidup tokoh intelektual dilihat dari sudut pandang ilmiah. Biografi intelektual dibuat melalui berbagai riset dan penulisannya menggunakan bahasa ilmiah.

c.  Berdasarkan jurnalistik, merupakan biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan tokoh yang akan ditulis kisahnya.

4. Berdasarkan Penerbit

Berdasarkan penerbit, terdapat beberapa jenis, antara lain:

a.  Buku sendiri, merupakan suatu biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Tujuan dari penulisan biografi ini adalah untuk dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik.

b.  Buku subsidi, merupakan biografi tokoh yang biaya penulisannya dan produksinya ditanggung oleh sponsor. Jika dilihat dari sisi komersil, biografi seperti tidak akan laku atau harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

 

E. Struktur Teks Biografi

Struktur teks biografi ini terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya ialah:

1. Orientasi

Orientasi ialah sebuah bagian yang mana menerangkan atau menjelaskan tentang pengenalan-pengenalan para tokoh yang didalamnya berisikan mengenai tokoh yang sedang dikisahkan atau sedang diceritakan didalam biografi tersebut.

2. Kejadian/Peristiwa dan Masalah

Pada bagian kejadian atau peristiwa ini ialah bagian-bagian atau aspek yang didalamnya berisikan mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang sudah pernah didapati oleh seseorang. Termasuk juga didalamnya berisikan mengenai masalah-masalah yang pernah ia hadapi dalam menggapai suatu tujuan dan juga impian-impian dalam kehidupannya`Persoalan yang sangat menarik, mengagumkan, mengesankan, dan juga menyedihkan yang pernah didapati oleh seseorang tokoh yang dibahas atau diceritakan didalam bagian ini.

3. Reorientasi

Apa itu ‘Reorientasi’? Reorintasi ialah bagian penutup dalam biografi. Aspek ini didalamnya berisikan mengenai pandangan penulis kepada para tokoh yang sedang dikisahkan dalam biografi tersebut. Reorientasi ini memiliki sifat opsional, yang mana artinya ialah bagian ini boleh dicantumkan atau boleh juga untuk tidak dicantumkan.

 

F. Cara Membuat Biografi

Berikut ini adalah struktur dalam membuat biografi

1.  Latar belakang keluarga

Di sini bercerita tentang keluarganya dalam bentuk kedua orang tua, tempat dan tanggal lahir, apa anak itu, dan memberitahu saudaranya.

2.  Latar belakang pendidikan

Berisi pendidikan yang telah dicapai hingga sekarang beserta tahun dan nama sekolah. Dan itu dimulai dengan paragraf baru

3.  Latar Belakang Prestasi

Berisi semua prestasi yang telah diperoleh sejak kecil hingga sekarang.

4.  Latar Belakang Pekerjaan

Jika Anda sudah bekerja maka daftarkan itu tetapi jika Anda masih seorang siswa, poin-poin ini dapat dihapus. Tetapi jika itu berhasil, maka jelaskan pekerjaan itu.

5.  Latar Belakang Pekerjaan

Ini khusus untuk mereka yang telah bekerja dan lagi untuk siswa, poin-poin ini dapat dihilangkan.

 

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan pengertian biografi berdasarkan kata dasarnya!

2. Sebutkan ciri-ciri dari teks biografi?

3. Siapa saja yang dapat diceritakan dalam teks biografi? Jelaskan dengan bahasamu sendiri dengan singkat!

4. Jelaskan tentang jenis-jenis biografi!

5. Sebutkan manfaat yang diambil dari sebuah biografi?

 

Jawaban

1. Biografi berasala dari bahasa Yunani, bios berarti hidup dan graphien berarti tulis. Berdasarkan kata dasarnya tersebut, biografi dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang.

2. a. Biografi memiliki struktur yang terdiri atas orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.

b. Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.

c. Fakualnya (fakta) berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang dicertakan dalam tokoh biografi tersebut.

3. Biografi dapat mengisahkan tentang kehidupan seseorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. Namun, kebanyakan biografi bercerita tentang tokoh sejarah, tokoh idola, dan Sebagainya.

4. Penulisan biografi dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat, bahkan dalam bentuk buku. Untuk jenis biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta daru kehidupan seseorang serta peran pentingnya, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.

5. Manfaat biografi yaitu dapat meneladani sikap dan perilaku tokoh, mempelajari makna hidup, dan mencontoh keberhasilan hidup tokoh.

 

Daftar Pustaka

https://notepam.com/teks-biografi/

https://umar-danny.blogspot.com/2018/04/contoh-soal-essay-bahasa-indonesia.html

https://pendidikanmu.com/2020/08/teks-biografi.html

https://www.gurupendidikan.co.id/teks-biografi/

 

 

 

 

tanda tangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar