Cara Meningkatkan Kecerdasan



Oleh : Karnoto

Kecerdasan adalah sehimpunan kemampuan dan keterampilan. Kecerdasan dapat ditingkatkan dengan cara belajar yang mengembangkan kemampuannya secara penuh. Menurut Thomas Amstrong bahwa tujuan dari suatu kegiatan pembelajaran adalah untuk memperluas dan menggembangkan inteligensi anak didik. Sekarang, tugas kita sebagai pendidik adalah bagaimana menciptakan suasana belajar yang dapat mengembangkan semua kecerdasan yang ada pada setiap individu anak didik.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang mengembangkan semua kecerdasan, di antaranya:
1.      mengaktifkan seluruh indra anak didik
Ada tiga cara: (1) melatih cara mendengar yang efektif; (2) melatih mata untuk membaca cepat dan efektif; serta (3) melatih keterampilan menulis atau membuat catatan yang cepat dan tepat.
2.      melatih kecerdasan yang berimbang
Yang dimaksud dengan “berimbang” bukanlah melatih semua kecerdasan secara bersamaan karena hal ini akan membuat pekerjaan kita sia-sia. Kini sudah waktunya kita menerapkan teknik-teknik pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar secara praktis. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
(1)   Mengidentifikasi inteligensi anak didik
Caranya adalah sebelum memulai pelajaran guru dapat memberikan tes atau angket kepada siswanya untuk menjajagi inteligensi mereka. Pertanyaan-pertanyaan itu dibaca dan diisi sendiri oleh siswa kemudian guru mengolahnya. Dengan cara ini, guru dapat melihat inteligensi mana yang paling menonjol pada siswa.
(2)   Menyusun rencana pelajaran yang dapat mengembangkan beberapa kecerdasan, seperti:
Ø  Mengorganisasikan isi atau materi pelajaran sedemikian rupa sehingga menjadi menarik dan dapat merangsang indra semaksimal mungkin;
Ø  Memilih strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan seluruh kecerdasan;
Ø  Merancang dan membuat tugas atau penilaian yang dapat menggali seluruh kecerdasan.
(3)   Melaksanakan pembelajaran yang dapat menggembangkan seluruh inteligensi anak didik melalui cara:
Ø  Menerapkan rencana pelajaran yang telah dirancang untuk mengembangkan beberapa kecerdasan;
Ø  Menerapkan keterampilan dasar mengajar yang dapat mengembangkan kecerdasan anak didik.
3.      melatih silang kecerdasan yang berbeda
Yang dimaksud dengan “silang” di sini adalah setiap inteligensi anak didik tidak dikembangkan secara bersamaan, tetapi dikembangkan satu persatu secara terpisah. Tujuannya adalah agar anak didik dapat mengasah setiap bagian kecerdasanmya selama waktu tertentu. Ini dapat dilakukan secara individu dan kelompok dan bisa juga di dalam atau di luar jam pelajaran. Melatih silang inteligensi dapat dilakukan dengan membangun stasiun-stasiun kecerdasan untuk setiap jenis kecerdasan yang berbeda. Yang dimaksud dengan “stasiun” di sini bukanlah stasiun pemancar tetapi semacam display dengan memanfaatkan sudut-sudut/ruang-ruang yang mudah terlihat oleh anak didik dari segala arah.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membangun stasiun kecerdasan adalah:
(1)   Pilih materi pelajaran yang khusus berdasarkan tingkat kesulitannya.
(2)   Identifikasi semua kemampuan yang ada dalam setiap jenis kecerdasan.
(3)   Klasifikasikan bahan pelajaran sesuai dengan kemampuan-kemampuan yang ada di setiap jenis kecerdasan sampai menghasilkan satu-satu stasiun kecerdasan.
(4)   Tempatkanlah setiap stasiun kecerdasan ini di tempat-tempat yang sering dikunjungi anak didik atau yang mudah terlihat dari berbagai arah.
Dengan melatih silang kecerdasan anak yang berbeda ini berarti guru memberi kesempatan kepada anak didik untuk melatih setiap bagian kecerdasannya sesuai dengan  kebutuhannya.

Karnoto, S.Pd. mengajar Bahasa Indonesia di MA Wahid Hasyim Petarukan.
tanda tangan