Oleh
: Karnoto
Kecerdasan adalah sehimpunan kemampuan dan keterampilan. Kecerdasan
dapat ditingkatkan dengan cara belajar yang mengembangkan kemampuannya secara
penuh. Menurut Thomas Amstrong bahwa tujuan dari suatu kegiatan pembelajaran
adalah untuk memperluas dan menggembangkan inteligensi anak didik. Sekarang,
tugas kita sebagai pendidik adalah bagaimana menciptakan suasana belajar yang
dapat mengembangkan semua kecerdasan yang ada pada setiap individu anak didik.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana
belajar yang mengembangkan semua kecerdasan, di antaranya:
1.
mengaktifkan
seluruh indra anak didik
Ada tiga cara: (1) melatih cara mendengar yang efektif; (2) melatih
mata untuk membaca cepat dan efektif; serta (3) melatih keterampilan menulis
atau membuat catatan yang cepat dan tepat.
2.
melatih
kecerdasan yang berimbang
Yang dimaksud dengan “berimbang” bukanlah melatih
semua kecerdasan secara bersamaan karena hal ini akan membuat pekerjaan kita
sia-sia. Kini sudah waktunya kita menerapkan teknik-teknik pembelajaran yang
dapat menciptakan suasana belajar secara praktis. Langkah-langkah yang harus
dilakukan adalah:
(1)
Mengidentifikasi
inteligensi anak didik
Caranya adalah sebelum memulai pelajaran guru dapat memberikan tes
atau angket kepada siswanya untuk menjajagi inteligensi mereka.
Pertanyaan-pertanyaan itu dibaca dan diisi sendiri oleh siswa kemudian guru
mengolahnya. Dengan cara ini, guru dapat melihat inteligensi mana yang paling
menonjol pada siswa.
(2)
Menyusun
rencana pelajaran yang dapat mengembangkan beberapa kecerdasan, seperti:
Ø Mengorganisasikan isi atau materi pelajaran
sedemikian rupa sehingga menjadi menarik dan dapat merangsang indra semaksimal
mungkin;
Ø Memilih strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan
seluruh kecerdasan;
Ø Merancang dan membuat tugas atau penilaian yang
dapat menggali seluruh kecerdasan.
(3)
Melaksanakan
pembelajaran yang dapat menggembangkan seluruh inteligensi anak didik melalui
cara:
Ø Menerapkan rencana pelajaran yang telah
dirancang untuk mengembangkan beberapa kecerdasan;
Ø Menerapkan keterampilan dasar mengajar yang
dapat mengembangkan kecerdasan anak didik.
3.
melatih
silang kecerdasan yang berbeda
Yang dimaksud dengan “silang” di sini adalah setiap
inteligensi anak didik tidak dikembangkan secara bersamaan, tetapi dikembangkan
satu persatu secara terpisah. Tujuannya adalah agar anak didik dapat mengasah
setiap bagian kecerdasanmya selama waktu tertentu. Ini dapat dilakukan secara
individu dan kelompok dan bisa juga di dalam atau di luar jam pelajaran.
Melatih silang inteligensi dapat dilakukan dengan membangun stasiun-stasiun
kecerdasan untuk setiap jenis kecerdasan yang berbeda. Yang dimaksud dengan
“stasiun” di sini bukanlah stasiun pemancar tetapi semacam display dengan
memanfaatkan sudut-sudut/ruang-ruang yang mudah terlihat oleh anak didik dari
segala arah.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membangun
stasiun kecerdasan adalah:
(1)
Pilih
materi pelajaran yang khusus berdasarkan tingkat kesulitannya.
(2)
Identifikasi
semua kemampuan yang ada dalam setiap jenis kecerdasan.
(3)
Klasifikasikan
bahan pelajaran sesuai dengan kemampuan-kemampuan yang ada di setiap jenis
kecerdasan sampai menghasilkan satu-satu stasiun kecerdasan.
(4)
Tempatkanlah
setiap stasiun kecerdasan ini di tempat-tempat yang sering dikunjungi anak
didik atau yang mudah terlihat dari berbagai arah.
Dengan melatih silang kecerdasan anak yang berbeda ini
berarti guru memberi kesempatan kepada anak didik untuk melatih setiap bagian
kecerdasannya sesuai dengan
kebutuhannya.